Wednesday 21 March 2018

Lost In BELITONG

Finally maen jauh jugaaaaa ! hahaha salah satu wishlist aku di Indonesia, pulau yang katanya indahnya ga kira-kira, terutama pantainya. Entah mengapa kalau denger yang namanya pantai tuh bayangannya bakal adem, indah, romantis, ah pokoknya birunya bikin gajadi feeling blue deh.
Dan alhamdulilah terlaksana lah minggu lalu, awalnya sih emang agak mendadak diajak temen buat kesana, tapi karena berlandaskan pepatah yang kalau mendadak pasti jadi, baiklah gais im in !
Rencana memang kita engga akan lama disana, mengingat waktunya dan pasti sih kita semua kerja, ini aja karena mepet untung aku bisa izin, hmm. Berangkat dari tempat dinas jam 04.00 dini hari karena ngejar flight jam 06.00 selain waktu itu termasuk harga tiket paling murah, dan emang pengen puasa aja bisa dari pagi main disana.

Tiada kesan tanpa D E L AY ... ya gitu deh, perkiraan akan sampai pukul 07.00 di belitung, akhirnya kita sampai kurang lebih pukul 08.00 , its ok baru sejam lah ya, hmm. Sampai di bandara H.AS. Hanandjoeddin kita langsung cuss ke penginapan yang menghabiskan kurang lebih 20 menit dari bandara tanpa macet ya, (ciyeee sombong), kita naik taksi bandara dengan argo tetap yaitu Rp.100.000,- untuk perjalanan jauh maupun dekat, asik uga ya.

Sampai di penginapan, nama tempat penginapan kita  Pondok Impian, kenapa pilih disini, hmm kita lebih tekan ke budget sih, rasa backpacker gitu lah ceritanya, dan tempat yang sekiranya terjangkau kemana-mana sesuai dengan tujuan jalan-jalan kita. Harga menginap di sini Rp.200.000,- / kamar dengan fasilitas yang lumayan lengkap, yaitu 2 bed, AC, kamar mandi dalam, TV, Lemari dan meja rias. Oiya, karena teman udah pernah kesini sebelumnya, jadi doi lumayan akrab nih sama orang disini, ternyata dia ditawarin untuk penyewaan motor, dan jadilah kita kemana-mana naik motor selama 2 hari disana, cukup murah sih temen ku dapet sewanya, Cuma Rp.65.000,- / hari.

Sampai disana kita cuma drop barang-barang dan langsung cuss lagi ke Wisata Bukit Berahu, sebenarnya sih ini lebih ke Cottage gitu, tapi feel free juga sih disana untuk main dipantainya, dan bisa mampir ke restorannya nikmatin indahnya pemandangan disana, masuk ke Bukit Berahu bayarnya itu Rp.10.000,- / Orang. Ke Bukit Berahu juga Cuma sekitar 30 menit dari penginapan, tanpa macet, hahaha emang sih engga ada macet, tapi ya jalannya lumayan jauh untuk kemana-mana, oiya panasnya juga kacau banget disana, jangan lupa sunblock, sun screen deh pokoknya kalau masih mau dikenalin sama orang rumah pas pulang nanti, hahaha.

Gerak cepat, setelah menikmati pemandangan di Bukit Berahu, akhirnya rasa lapar menghampiri, kita mampir lagi ke salah satu tempat makan yang hits juga disana, yaitu ‘Rumah Makan Belitong Timpok Duluk’ awalnya sih agak bingung timpok duluk apa deh nih, pas engeh mah ternyata kalau bahasa indonesia itu Tempo Dulu kali ya, dan ternyata bener aja, pas liat suasana disana, yampun dekorasinya Old abis gitu sih, segala sepeda dong dijadiin pajangan dinding, hehehe bener-bener totalitas ! Memang engga terlalu besar. Tapi bikin betah gitu, nah disini juga kita pesan masakan khas beliton, sekaligus minumannya yang jeruk khas belitung yang rasanya nano-nano banget deh buat aku, htapi ini literally (jiah) seger banget gitu gengss~

Puas makan siang, kita lanjutin perjalanan untuk ke Vihara Dewi Kwan In, yang menempuh kurang lebih sekitar 2 setengah jam, ewwwww di teriknya matahari bebb, anget nya warbysaaaakk ! Tapi terbayar sih sama pemandangan disana, parah sih langitnya birunya cantik banget gitu, dan sekitaran Viharanya pemandangan gunung, hhhhh nikmat mana lagi yang kau dustakan.

Di Vihara kita engga banyak makan waktu lama, disamping panasnya yang emang terik banget, kita juga ada destinasi lain yang harus dikejar, yaitu Museum Kata Andrea Hirata dan SD Laskar Pelangi ciyeeee akhirnya kesini hahaha, terhura ... kirain aku bakal kesini entah kapan tau, dan engga secepat ini, tapi ya Alhamulilah rencana Allah memang selalu baik (langsung wise gitu). Perjalanan kesana juga kurang lebih 2 jam sih, hhhh ampun muka isinya debu semua sih ini kayanya. Its ok, yang namanyaa menghitamkan atau menggelapkan kulit gampang, makannya puas-puasin selama di belitung nih, item-item deh sekalian biar keliatan liburan yekan hahaha. Biar pas ditanya, bakal gini nih ..  “Rim, ko lu iteman ? / “Lah emang lu gak liat tuh postingan IG gua, gue abis darimana ?” ... ya begitulah tutorial sombongnya.

Oke lanjut sampai di Museum Andrea Hirata ternyata kesorean, sedih dah kalo di ceritain mah, ternyata dia tutupnya jam 17.00 gengs, untuk masuk kesana juga dikenakan biaya Rp.50.000,- beserta CD gitu sih. Tapi ya beda cerita, akhirnya kau Cuma take picture di depannya juga udah bahagia, yang penting warna-warni hehehe, oiya gemes deh depannya ada coffee shop juga ternyata. Sama hal di SD Laskar Pelangi, kita juga kesorean ada baiknya sih, kita bisa masuk dengan bebasnya dan udah sepi gitu hehehe, nah disini biaya masuknya murah bat gitu Cuma Rp.5000,-

Setelah main disana, sehabis magrib kita pulang deh, gak sabar banget buat makan malem nih teriming-imingi buat makan seafood di Dapur Belitung, tepat makan ini udah cukup femes ko disana, dan ada beberapa ttd sama testimonial orang-orang femes yang makan disana gitu, ciyehhh. Oiya asiknya juga ada live music nya ko, dan menunya cukup endolita.Sorry aku lupa take picture tempat makannya, soalnya udah laper bat gitu hahaha.

And......... Belitung part one , done ! Selamat tidur, dan siap untuk medan tempur baru besok ! hari kedua kita merencanakan untuk menghabiskan waktu seharian untuk explore pulau-pulau indah di belitung !

BELITONG DAY 2 ...
Kisaran pukul 06.00 pagi kita udah ready buat berangkat ke Pantai Tanjung Kelayang, di hari kedua ini plannuing kita memang menghabiskan waktu di pantai, BEACH DAY ! Hihiww. Jarak dari penginapan ke Pantai Tanjung kelayang sih palingan kisaran 45 Menit deh, engga lama ko.
Sampai di Tanjung Kelayang, kita langsung persiapan untuk nyebrang dengan perahu dan main-main keliling pulau. Disini temen ku udah sewa dari mulai kapal sampai dengan peralatan untuk snorkling, untuk harga aku kurang tahu juga, karena sih katanya kalau kalian memang udah sama yang kenal gitu akan lebih murah, apalgi orang nya banyak, ya sama aja sih kaya penyewaan kpaal pada umumnya, dan ini sih memang temen ku sewa sepaket untuk sekalian keliling pulau dan nungguin, jadi memang pure kita sewa seharian full, hehehe ntaps!
Ada yang bisa tebak pulau pertama kita ?
Nah ini Pulau Burung, as you can see , dia mirip brung lagi menghadap kesamping gitu kan, kita bukan kesana sih, hanya lewat aja hehehe.
YEP !!! PULAU TER-FEMES SEANTERO BELITUNG, PULAU LENGKUAS ! Nahhh ini kita kesini hehehe
Berasa bule banget apa gimana deh buk ?!

Dan aku baru tau sih, ternyata beda sedikit doang ini nama pulaunya udah beda, ini aku desebelahnya pulau lengkuas yang namanya Pantai Tanjung Tinggi

Nah ini masih disekitaran Pulau Lengkuas.

Agak ke Tengah Dikit dan kita snorkling ! yuhuuuuuu. Spechlesss beneran liat semuanya, pantai memang selalu begitu buat ku.

Abis snorkling , kita L A P A R , selesai bilas ya langsung lah sea food lagi ! hihihi
Aku lupa nama tempatnya apa ya, diajak abangnya pokoknya mah, yang pasti ini sih tempatnya rekomen banget, karena beneran bersih dari kamar bilasnya sampai tempat makannya, oiya kalian bisa bikin minumnya sendiri dan bisa isi ulaang sesuai yang kalian mau,  disana sih tersedia kopi dan teh aja. Kalau untuk makanan, seafood disana enak semua, dan lengkap huhuhu, jadi laper kan tuh ah cerita beginian :(

Ini pulau Pasir, engga sempat kesana, karena seperti yang kalian lihat air nya sedang pasang, biasanya kalau surut dia kan akan buat jalur gitu kan, dan itu gemes parah, dan ini taken by my friend pake drone.
Selesai makan kisaran pukul 15.00 kita berangkat lagi nih ke pulau selanjutnya. Yaitu Pulau Batu Berlayar.

Bahwasanya pengambilan foto ini tak seindah di foto, ini anget banget ya lord, bayangin dah sore-sore yang disana teriknya warbysak ! dan aku harus boboan di batu, menghadapi kesilauan matahari terik itu, its ok, hasil tak pernah mengkhianati proses .... ingat gais :')
No filter ...... spechless gak sih ? ini pure tone asli disana :') mo nangis ! mo nangis terus gamau pulang juga !!!!!!!
Kalo kata di Tumblr mah pose begini, Y.O.L.O .....
yolo...  lu alay bat dah masih aja pose begini rim :(
Asli kita yang namanya kejar setoran, kejar setoran deh nih ! Lanjut lagi perjalanan masukin hutan, da kirain mah mau kemana, ternyata kita mu ke GOA yang aesthetic gitu ! ya lord tapi maap , lupa gitu nama goa nya apan ,wait yak... (lah ada gitu orang baca blog disuruh nunggu dulu ?).
Jujur mah nih ya kalau jalan lewat hutan gini mah, agak mager aja gitu, sugestinya macem-macem huhu, awalanya engga tau kalau ternyata nyari goa ini, ealah yaudah pas di ikutin ... jeng jeng jenggggg ! Nah nihhh ... baru inget namanya, Goa Kelayang !

Sangat menarique ! Gilsss sih cahaya mataharinya kelas banget gitu ( apan coba cahaya matahari kelas ...?), iya jadi ini kita diantara bebatuan besar gitu , di dalamnya, dan ada lorong yang kalau di ikutin sih iya nembusnya ke pantai, tapi ya lama-lama lo kelelep  aja :')
Motivasinya ade rima sendiri gaya begini tuh apa (?)
Udahhhhh akhirnya kelar lah perjalanan kita explore pulau dan pantai, buru-buru karena mau ngejar sunset yang katanya akan sangat menggemaskan ! Ini sih kita cuma mampir di pantai yang ada di sepanjang jalan pulang aja, jadi sekalian gitu (lagi-lagi lupa nama pantainya) huhuhu, tapi ya salah aku berekspetasi, engga terlalu keliatan banget sunsetnya, tapi sejujurnya ini pewe banget sih tempat, sampe matahari tenggelam kita boboan aja di batu, sambil nikmatin sunset (yang engga begitu keliatan).

Sampai di penginapan, tak lain dan tak bukan kita ya laapar,,, tapi sebelum makan, kita sempatin buat beli oleh-oleh dulu, yang dekat penginapan ajasih. Nah pas abis beli oleh-oleh dikasih tau deh tuh sama mba nya, tempat hits disini... namanya tuh CAFE AEX GAR GORONG-GORONG , atau kalian bisa tanya aja, Cafe Gorong-Gorong, udah femes dah pokoknya ! Menu nya sih banyak, dan cukup beragam , ada yang khas belitung gitu, ada juga ya semacam nasgor, mie, terus roti bakar, gitu-gitu sih, oiya jan lupa nih live music juga ! hihiw
Tuh sebelahannya ada mural-mural lucu gitu, ah kalo siang mah udah abis nih lapak, foto-foto laaaa masa ga kuy ! hahahaha. Oiya tambahan gengs, katanya jangaan lupa kalian kalau mampir ke belitung untuk cobain MIE ATEP yang katanya legend bat gitu disana, sedih tapi aku mah gasempet :(
Gasempet karena pasti pas malem udah kemaleman dan udah tutup, gasempet karena besok paginya kita udah harus pulang ke jakarta :( , And ..... Happiness is you meet new crazy friends :') kenalin sebelah kanan yang topi merah namanya Aldo, yang sebelahnya namanya uki, mereka berperan penting dalam foto-foto aku, dan aku ga berperan penting-penting amat di fotonya mereka ( karena pasti banyakan gue difotoin mereka ... hahaha !)

OOTD IS MUST
Hhhhhh ... hard to sy this, see you again BELITONG !
Thank you so much for reading, see ya on my next blog posting, feel free banget buat tanya atau komen disini gengssss ! Alapiyuh

4 comments:

1. envyy bangetttt, harus masukkin ke list destinasi berikutnya nihhh <3

@jssicanoviaa
    www.jssicanovia.com

ReplyDelete
    Replies
    1. Cusss beb, harus banget sih , parah bisa lupa daratan nih liat yang begini, bawaanya kan pengen mantai mulu hihihi

Delete
  2. IRI BAT SUMPAHHHHH! SEBEL! PADAHAL UDAH PAMER-PAMER KE BANYAK ORANG KALO MAU KE BELITONG. EH GAJADI :(

ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHA ATUH NEXT TIME BISA SIHHH BEB, BELITONG TETAP MEMPESONA MAU DI DATENGIN KAPAN JUGA HEHEHE