Friday, November 24, 2017

Finally ! Museum Macan

Happy friday gais, jumu'ah barokah ! Today, mari kita membahas tentang how to make you fall in love, i can make you fall in love to me even u're not in love ... yak tebak lagu apa ?!! (Wah sakit nih anak lama-lama nih...) yak bener itu lagunya risalah hati ! (Makin sakit ..... kasian) yaudah di maapin aja ya, heem !



Okesip, hari ini kita akan membahas (ngomongnya gaya dosen ngajar) tentang Museum Macan. Jadi kemarin akhirnya cita-cita ku kesampean *halah, ke-BM-an ku kesampean, kemarin aku akhirnya datang ke Museum Macan, setelah sekian lama dilanda kebimbangan jadwal, dan galau juga karena kayanya ada rulesnya sendiri nih ke museum ini, kenapa ? karena pas aku visit acc IG nya, disana ada link untuk pembelian tiket online, nah yaudah aku klik dong, setelah dibuka disana ada pilihan berapa banyak tiket yang dipesan, untuk anak-anak, dewasa kah atau pelajar, karena harga tiketnya beda-beda, dan dilanjut jam kunjungan.

Nah! jam kunjungannya ini nih, aku agak syok karena kaya semacam dibatasi gitu, kan ngeri yah aku udah pesan jam sekian, ternyata aku ngaret sedangkan disana pamerannya jam nya dibatasi, wuaduh kacau ceunah ! (Gausah nanya kenapa cewe bisa ngaret, alis yang berbicara ) hmm.

Dannnnn namanya wanita, memliki daya kepo yang tidak biasa, akhirnya ku gunakan saja keahlian ini, aku kepoin beberapa komen foto yang tag ke Museum Macan, and i got good infomation ! K i t a bisa beli tiketnya O T S !!! OTS ya bukan DOTS (nih para pecinta korea pasti langsung, aaakkkk DOTS, aakkk kangen nonton filmnya lagi ... akkkkk dst dst -____-"). Okefine, tanpa pikir panjang... CUSSS !

Museum ini ya cukup deket sih alhamdulilahnya mah ehehe, ada di daerah kebon jeruk, di sebuah gedung yang 1 lantainya memang khusus untuk museum ini aja. Nanti aku bakal kasih tau alamatnya ya. Museum macan ini Museum Internasional Pertama yang ada di Indonesia, yang memuat karya-karya seniman Indonesia dan beberapa karya  seniman luar negeri. 
Nah untuk masuk kesini seperti yang tadi aku bilang, ada tiket masuknya. Museum aja ada tiket masuknya, lah kamu masuk hati aku tuh free, masa gamau juga sih  *eh *duh.
Tiket masuknya :
  • Dewasa      : Rp.50.000,-
  • Pelajar        : Rp.40.000,-
  • Anak-anak : Rp.30.000,-
Hmm.. agak lumayan pricey ya, karena mungkin yang aku tau beberapa museum itu kan free yekan ? tapi it's oke, lemme know worth it ga ya ?
Untuk tiket masuknya sih di scan gitu, nah sebelum masuk aku disuru baca dulu rulesnya ,dari yang aku baca sedikitnya sih itu ada : 
  • Boleh bawa kamera dan hape untuk kebutuhan foto, tapi tidak di izinkan menggunakan flash
  • Untuk makanan dan minuman juga engga boleh dibawa 
  • Tas bisa dititip (kalau kalian mau)
  • Dilarang menyentuh, mencoret-coret apalagi merusak karya seni (kayanya itu doang deh yang gue inget hahaha, yaudah pokoknya kurang lebihnya gitu sih)
Pas masuk, yak ternyata cukup rame di weekday, mungkin karna lagi hits bat kali ya kaka, to many kidz jaman now (lah terus lu apa ? Engg ... anu ... eymm ). Disini sih kebanyakan rata-rata lukisan gitu yang banyak, nah selanjutnya apa ya namanya, duh bukan anak art banget sih, jadi mohon maaf deh kalo sebutannya nyeleneh ya, jadi ya gitu rata-rata lebih ke lukisan dan untuk kaya ya patung-patung apasih art work ya? (duh kalo ada yang bisa bantu jawab sok lah), ada sih beberapa juga. Dan yang paling ngehits di era now dan di museum ini adalah dimana adanya Infinity Mirrored Room, keep scroll jikalau ingin tahu .... kalo ingin tempe ya bebas juga sih (galucu sumpah).
Mungkin aku engga banyak ngomongin karya - karyanya siapa dan seperti apa, karena seperti  yang aku bilang, aku bukan anak yang art banget, tapi ya suka art, suka museum juga. So ... yaaa enjoy da picture :) mhehehe.






Dari sekian banyak karya seni, gue masih tetep demen pose di depan pintu ini, ini bukan bagian dari karya seni ya, ini pintu beneran. Kasih tau aja inimah .... oiya gak boleh duduk dibawah ya, kemaren ketelepasan ngamprah dibawah, eh ditegor, yaaaa ... gimana ya pa, gabisa banget liat ubin adem pa, bawaanya pen nyelonjor aja~




 Abaikan yang dibelakang, fokus ke aku aja, cuma aku yang mengerti kamu *duh *helawww~
Pose jongkok ini dipersembahkan setelah 4 kali bolak balik pintu masuk dan pintu keluar, cari spot dimana lagi ya kira-kira. pfft sebegitunya ....


 *termangu~
 *terpewe *terasaamuseumpunyasendokir

 Tawain aeeee, dia mah bocahnya emang begitu !
And finally, this is the most famous room ! Iam in Infinty Mirrored Room By YAYOI KUSAMA, seniman asal  Jepang. This is the one of thousand reason i came here, and ya finally ! FYI gais, kalian pikir gampang masuk sini ? Big no. Kalian harus lewatin dulu antrian yang lumayan panjang, entah kalau weekend bakal apa kabar ya, yang pasti kemarin aku antri hampir 45 menit mungkin, DANNN yang paling lawaknya lagi, kalian di dalem cuma dikasih waktu 45 DETIK !!! for take a picture, or just want to know of this mirrored room ! Can you imagine, 45 minutes for 45 second ? it was so sick bebb !!
Jadi ini adalah dimana ruangan gelap yang di dalamnya ada lampu-lampu , as you can see dan disekelilingnya kaca semua, dan dibagian bawahnya ternyata ada semacam kolam air juga yang mengelilinginya. Usut punya usut ternyata seniman ini sejak kecil menderita "Rijinsho" adalah sebuah gangguan mental yang membuat penglihatannya dipenuhi selubung dan halusinasi, yang tercermin dalam karyanya melalui hamparan dan selubung titik. 
Dalam khazanah kekaryaan Kusama, pengulangan titik tidak hanya terkait dengan perasaannya yang terdalam, melainkan juga gagasan lainnya- ketidakterhinggan dan kemusnahan. Keduanya dapat di alami di dalam Infinity Mirrored Room -Briliance Of The Soul. Dalam ruangan remang ini jadi terpasang bola lampu yang warna dan intensitasnya selalu berubah. Cahaya lampu tersebut dipantulkan pada tiap ruang sisi dan berulang tak terhingga sampai hilang dari pandangan. Di dalam Infinity Mirrored Room - Briliance Of The Soul. Hubungan antara bentuk dan ruang batin dan dunia luar seolah melebur menjadi satu. So deep btw .... :') ku terenyuh.

Dan FYI lagi, ini yang paling bikin ngakak sih asli, jadi pas sore itu pengunjung udah sepi kan pas balik lagi ke Infinity Mirrored Room ini, yang ngantri cuma 1 orang, nah berhubung tadi belom puas banget kan, akhirnya kita putusin buat ngantri lagi, dan tapi tetep kita dikasih waktu yang sama 45 detik juga. Dan karena masih tetep sepi, kita 4 kali balik keluar- masuk ke dalem wkwkwkw, dan mba nya cuma bilang "gapapa mas, mba, kemaren ada yang 7 kali" ucetdah doyan apa gimana daaa ?.
Okayyyysss lanjut, ke ruangnya yang fullcolor dan terang sekarang mah. Ini namanya Floating Garden by Entang Wiharso. Ini sebenarnya ruang seni anak, dimana kalian bisa bebas juga untuk mewarnai dan semacam mengembos cetakan gambar gitu, jadi kalau kalian dulu suka ada yang mainan koin trus atasnya di arsir pakai pensil, semacam jiplakan dari si koin nya, nah disini kalian bisa lakuin itu dengan cetakan yang di sediakan lengkap dengan kertas untuk gambarnya, selanjutnya kalau kalian ingin mewarnai disini juga disediakan kertas yang agak tebal, yang sudah berbentuk gambar bunga dan sebaginya, yang siap kalian warnai, oiya ada sekalian pensil warnanya juga loh, oke, kembali ke jaman 0 kecil, 0 besar hihihi.




Thats all gais ! Masih banyak sih sebenernya karya seni, ini cuma sebagian aja yang ada difoto, kepo berlanjut ? ya sok atuh mangga dateng langsung ke Museum Macan. Dan dari yang sudah ku alami, to be honest ini agak lumayan tetep pricey sih emang hehehe, tapi setidaknya rasa penasaran ku sudah terbayarkan dengan baik, dan Infinity Mirrored Room itu yang bikin agak terpulihkan lah, sama Floating garden yang menggemaskan hehehe. Tempatnya pewe banget sih asli, bikin lupa waktu, view nya gemes abis dari sini, dan sebelahnya juga ada kaya semacam coffeshop buat sembari nikmati senja (cailah malih).
Usahakan nih ya waktu-waktu dekat ini sih kalau yang mau dateng ya weekday aja, antara awal buka sama mau akhir-akhir tutup deh, kalau mau aman dari antrian dan mendapat foto yang menggemaskan.

Nah menjawab sebagian pertanyaan kalian :
MUSEUM MACAN
IG : @museummacan
Alamat : AKR Tower, Level MM , Jalan Panjang No.5 Kebon Jeruk
Buka dari Selasa - Minggu , dari jam 10.00-18.00
Untuk pembelian tiket, bisa online, bisa juga OTS
Engga ada jangka waktu untuk masuk ya, bebas ko sampe berpa jam pun.
Info Lanjutan kalian bisa mampir ke MUSEUM MACAN

Thank you for reading, selamat mampir dan menikmati karya seninya. Hope you enjoy this post, see ya on my next blog posting ! Laff yahh ! Mwahhhhh

1 comment:

  1. Yang gini gini nih, yg blogging dengan serpihan isi hati gini yg w demen nih!! Sumpah w baru aja cari tau soal museum macan buat ngajak babang ngedate trus lu udah bikin dong gilak!

    Heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    ReplyDelete