Wednesday, September 28, 2016

[ REVIEW ] YOGA di UNION YOGA !

Siangggg gais ! Anget ya diluar, ahhh untung baru bangun bobo siang nih, gausah ngiri deh , semalem abis dines malem jangan dikira gabut! pffft. Dan alhamdulilahnya lagi kurang fit juga, beberapa hari ini lagi petakilan terus, alhasil pulang-pulang migrain kambuh, badan lemes, suhu badan baik, suara bindeng, hidung mancung, lesung pipi dua, senyum manis, muka imut *eh *lah?! duh maaf ini maaf ya, hahaha duh! 
Iya tapi seriusan badan lagi emang kurang fit nih sekarang, beda sama beberapa hari lalu dimana aku dapat kesempatan untuk yoga di UNION YOGA, badan lumayan seger, dan pikiran juga fresh. nah kali ini aku mau sharing pengalaman aku yoga di UNION YOGA, di daerah Dharmawangsa. 

Sebelumnya sudah ada yang tahu yoga itu apa ? atau mungkin sekarang sudah bergabung mengikuti yoga di tempat yoga tertentu ? ini aku kasih gambaran deh sedikit, sebenarnya yoga tuh apa sih, Jadi menurut sumber yang aku dapat Yoga itu suatu tekhnik spiritual yang lebih tua dari agama apapun juga di dunia, termasuk hindu, yaitu agama tertua dalam catatan sejarah manusia. 

Yoga berasal dari suku kata Yuj, dalam bahasa sansekerta artinya Menghubungkan / Mempersatukan. Yoga menyelaraskan tubuh, fisik, pikiran dan jiwa. Yoga memberi efek kesehatan, keseimbangan, kekuatan dan vitalitas dan pada pikiran, yoga meningkatkan daya ingat, konsentrasi, menajamkan tingkat intelektual, menyeimbangkan emosi, sehingga membuat hidup lebih kaya dan bahagia. Dan pada jiwa yoga membawa kesadaran, kebebasan dan pencerahan. Tuh banyak banget kan manfaat yoga.

Nah ini gambaran sekilas UNION YOGA di daerah Dharmawangsa, Alamatnya yaitu di JL Wijaya II No. 73 Kebayoran Baru, tempatnya engga jauh dari Dharmawangsa Square ko, malah mereka kaya berhadap-hadapan gitu. Untuk cabang Union Yoga ada beberapa tepat, kalian bisa liat di websitenya nanti akan aku sertakan juga di postingan ini, duhhhh kurang sayang apa coba tuh aku, yakan~. 

Awal masuk kalian sudah di sambut nuansa yang Adeeem begini ya, dominasi warna coklat dan ornamen kayu, trus juga lampunya yang redup-redup gimana gitu di lengkapi wewangian ahhh yang bikin rileks banget dan betah lama-lama di dalam hihi.

Disebelah kiri setelah pintu masuk kalian juga akan disambut hangat sama mba-mba yang jaga hihihi, mereka ramah-ramah ko, dan akan bantu kalian untuk semua pertanyaan tentang UNION YOGA ya, jangan nanya jodoh , inget !. Nah ini price listnya kalian bisa lihat sendiri, thats why dibilang sehat itu mahal, tapi dibanding sakit sih kan lebih baik mencegah. Harga segini buat aku worth it banget sih dari apa yang aku rasakan selama beberapa kali aku kesana.

Nah ini untuk jadwalnya , tingal pilih hari sesuai sama hari yang kalian bisa. Oiya disini ada 2 macam jenis yoga, Yang 1 namanya Bikram Yoga atau Hot yoga dan 1 lagi Sveda Hot Yoga. Nanti aku bakal jelasin lagi dibawah perbedaannya ya.

Day 1 . Biasa deh ootd dulu bisa kali ah~

Begitu datang kalian akan ditanya, mau pilih yoga yang mana dan ditanya udah bawa handuk sendiri belum ? kalo udah ya berati kalian lolos ke tahap selanjutnya, hihihi. Tahap selanjutnya kalian bisa langsung ganti baju, baju untuk yoga ya, semacam pakaian yang ngepas dtubuh gitu lah, dan semacam pakaian senam juga bisa, yang penting banget sih itu pakaian kalian sendiri bukan pakaian dari loker orang~. 
Setelah ganti baju dan persiapan lainnya, paling kalian hanya boleh membawa handuk kecil, handuk alas matras kalian dan air minum. Lalu kalian bisa langsung menuju ruangan untuk yoga hari pertama aku ikut Bikram Yoga atau Hot Yoga, ruangannya berada diatas, nah ini ruangannya kalian bisa lihat sendiri, di dalamnya terdapat pemanas ruangan juga, jangan kaget kalau masuk langsung hangat walaupun engga ada yang menhangatkan~, hihi. 

Oiya nih, lupa kan tuh ah! 
Perbedaan Bikram Yoga dengan Sveda Yoga yaitu :

Bikram Yoga : Lama Waktunya 90 Menit, Gerakan Yoga nya akan selalu seperti itu terus menerus setiap pertemuan.

Sveda Yoga : Lama Waktunya yaitu 60 Menit, dan untk gerakan yoga nya aka bervariasi setiap kali pertemuan. Untu pemula dan setelah apa yang aku rasain aku prefer ke Sveda yoga, entahlah mungkin waktu kemarin aku ikut tidak terlalu banyak gerakan dan waktunya lebih sebentar sih hehehe. Tapi dua-duanya aku rekomendasiin banget ko, pilihlah yang sesuai kebutuhan kalian, dan jangan lupa juga pilih yang sayang sama kalian *eh!.

Dibawah ini beberapa gerakan yang aku dapat, ya pasti lah belum sempurna banget  perdana kan sist huhu, ya banyak banget sebenernya tapi yang aku ingat cuma beberapa ini, yang intinya semua peregangan otot dan bagaimana membuat diri kalian rileks dan berpikir postif terhadap diri kalian dan tubuh kalian. Oiya harusnya kalian pemanasan dulu aku saranin sih, kalo first time kaya aku, badan aku bisa dibilang kaget mungkin ya, jadi pada sakit huhuhu, wajar sih olahraga aja bisa di hitung kapan aja, engga rutin , yaaa ngakunya aja orang kesehatan padahal olahraga mah mager kaaa~ , gausah ketawa deh, kalian juga kan ?! 

Selama kalian melakukan Bikram yoga ini, instrukturnya kemarin sih aku bule sist, hahaha. Dia akan terus ngomong apa yang harus kalian lakukan dan fungsi dari gerakan yang dilakukan itu apa, jadi ga sempet deh tuh kalian balesin Notif di instagram atau foto tiap gerakan dan update di path, hhhh yang ada awal kalian latihan kaliaan akan planga plongo dulu hahaha. It's ok Mister ini akan mengajarkan posisi dan gerakan dengan senang hati, kalau sekiranya kalian gabisa nyontek gerakan dari orang lain yang lebih dahulu ikutan, hhh keterlaluan, padahal udah nyontek eh masih salah! generasi macam apa kaaliaan ? Canda deng, weeek ! :p 




Semua gerakan isinya tak lain dan tak bukan untuk keseimbangan tubuh dan cara kalian mengatur nafas, bermanfaat juga untuk sistem aliran darah agar lebih lancar, untuk kecantikan dan untu kekecangan otot tubuh. Semuanya akan dijelaskan saat kalian mengikuti latihan ini, baik sekali memang di Union Yoga ini, kalian dapat sehat dan dapat pengetahun pula, jadi kalian bisa pilih mana saja gerakan sekiranya kalian bisa lakukan di rumah untuk mempercantik dan bikin sehat tubuh kalian. Penasaran kalian butuh yang mana kan ? Kuy ka ke Union Yoga ! 

Datang dengan wanita kesayangan aku nih, jadi seengganya kalo planga-plongo engga sendiri lah ya hahaha.

Sesi terkahir, TEPAR KA! Bener-bener buang kalori banyak banget, worth it banget di Union Yoga ini. Buat kalian yang memang butuh untuk olahraga, dan bener-bener target nurunin berat badan, aku rekomendasiin banget untuk yoga!. 

Day 2. 
Kali ini aku ikut yang Sveda Yoga, masih dengan ruangan yang sama dan dengan lama waktu 60 Menit, instrukturnya kali ini dengan Mba Hani, hari kedua ini aku sempat ngbrol lumayan banyak karna yang ikut kelas ini cuma bertiga hihihi. Dan mba Hani ini pake bahasa indonesia hahaha, lancar jaya, dan terlebih lagi aku datangnya hampir tepat waktu, engga kaya hari pertama hehehe, ada peningkatan lah ya!.

Tuh lihat aja, aku udah bisa melakukan gerakan seperti ini., ahay sombong nih ye! Dan selanjutnya gerakan dibawah ini ya gerakan yang aku dapat setelah proses latihan Sveda Yoga, gausah ngetawain deh, Newbie nih kaka! cobain dulu makannya kegurihannya selama melakukan ini gimana , woo! haha. Seperti biasa juga, instrukturnya akan jelasin apa dan fungsi dari gerakan yang kalian lakukan.









Ancur semua gerakan, tapi kan setidaknya aku pernah mencoba, hiks. Makin kalian sering untuk melakukan hal itu, makin sempurna juga yoga yang akan kalian dapat, dari fungsi gerakan untuk tubuh kalian dan cantik nya gerakan kalian untuk di foto ( hahaha tak lain dan tak bukan ya~).
Setelah selesai melakukan Sveda yoga kalian akan diajarkan gerakan relaksasi, dan part terenaknya nih, instruktur kalian akan datang ke tempat kalian satu persatu, lalu kalian akan dipijat bagian kepala dan bahu saat relaksasi, ahhhh nikmat mana lagi yang kaliaan dustakan, sehat dapat, kulit cantik dapat, dan pikiran kalian akan semakin postif dengan kalian percaya dan sayang terhadap tubuh kalian.

Yoga itu bukan sekedar gerakan streching untuk tubuh, tapi mengajarkan kalian untuk sayang terhadap tubuh yang kalian tinggali, selalu berpikiran positif terhadap diri kalian, orang-orang sekitar kalian dan terhadap Alam. Buang jauh pikiran negatif dari diri dan lingkungan sekitar. Dan jangan lupa untuk selalu bersyukur terhadap PENCIPTA.

Saya, Rima Anggita Suwarjono undur diri dari postingan kali ini, Terima kasih sudah membaca, semoga postingan ini bermanfaat, untuk kepo yang berkelanjutan silahkan datang sendiri dan nikmati sensasi yoga yang warrrrrbiasa di UNION YOGA. 

Terima Kasih banyak UNION YOGA

No comments:

Post a Comment