Wednesday, November 21, 2018

Explore YOGYAKARTA ! ( Rekomendasi Penginapan dan Tempat Main Lucu Di Jogja ).

Sebenernya sih ini cerita beberapa bulan silam, eh engga deng baru sebulan yang lalu. Tapi baru mengumpulkan energi dari beberapa elemen untuk duduk di depan laptop dan menceritakan maha karya yang di sebut ngeggabut di jogja, hahaha apasih rim ahelah. 

Akhirnya dapat kesempatan buat kesini setelah sekian abad lamanya, kalau engga salah kesini waktu jaman muda, itu pas masih PKMD masa kuliah dulu. Dan kali ini berbekal searching tempat-tempat lucu yang konon katanya wajib kalian kunjungi, tapi emang buat para pembuu spot lucu sih kudu di datengin nih. 

Day 1
Sampai di jogja cukup pagi sih waktu itu, tempat pertama kita bersinggah adalah di Artotel Jogja berada di Jalan Kaliurang KM 5,6 No.14 Yogyakarta, merupakan salah satu wishlist aku yang akhirnya kesampean, huhuhu mau terharu dulu ya sebentar. 

Banyak alasan banget buat kalian menginap disini, mulai dari lokasinya yang strategis, interiornya yang unik banget, fasilitasnya yang terbilang lengkap dan service nya yang cukup menyenangkan. Buat aku sendiri ya ini tuh interiornya art abis gitu, lucu banget ga ngerti lagi, gakuat aku liat yang begini-begini tuh ! hhhh, maap maap ya duh jadi terbawa emosi, hahaha. 




Yang engga boleh di skip juga nih di jogja, 
Yak Gudeg ! Gudeg Yu Djum, ini lokasinya engga terlalu jauh dari bandara Adi Sujipto sih, karena emang katanya gudeg ini sudah punya beberapa cabang gitu. Jadi sebelum ke hotel kita sempet sarapan dulu nih disini hehehe. Tapi entah kenapa ya, karena aku engga terlalu suka kecap dan makanan berat yang manis gitu, buat aku ya sama aja, huhuhu sedih deh jadi kaya engga bisa ngerasain taste sebenernya yang memang gudeg itu ya agak manis, tapi cukup terbantu sama krecek yang agak pedes lah ya. Tapi buat kalian pecinta gudeg atau pensaran ya sok atuh mangga mampir. 

Selanjutnya, engga lengkap rasanya lagi main keluar kota gini kalau engga mampir ke cafe gemas. Nah ini salah satu cafe yang emang lagi hits gitu, Mezzanine Eatery and Coffee. 
Aku teramat menyarankan ntuk kalian mencoba Salted Caramel Gelatonya Mezzanine, yalord ini endolita parah pokoknya ! 

Kalau mezzanine bisa jadi alternatif tempat kalain lunch atau sekedar nyantai doan, lalu dimanakah kita harus dinner ? jawabannya adalah jangan lewatkan ankringan dengan harga yang bikin dompet tetap gembul, dan perut kek nya juga bakal gembul sih, soalnya murah, enak, nagih....pusing ga tuh ?
Berakhirlah perjalanan kita malam ini di angkringan,ya namanya udah kenyang, ngantuk, ya bobo deh hahaha !

Day 2
Emang ya, pusing sama diri sendiri engga bisa banget liat cafe lucu dikit bawaanya mau disamperin aja, padahal namanya diluar kota ya apa kek explorenya :( inimah cafe lagi, cafe lagi... rim please lah.

CAFE BRICK
Dari awal lihat cafe ini di explore Instagram , udah langsung masukin di list jogja aku, karena apa ? karena tempatnya yang ala-ala lua negeri gitu, colorfull kaya rumah di luar negeri deh pokoknya, hahahaha, and lucky me tenyata cafe ini lumayan dket dari Artotel, gimana ga minta disamperin banget tuh ?

Nah ini nih yang aku bilang gemes, kaya di luar neeri gitu gak sih ? ala-ala rumah belanda dan vintage abis gitu suasananya. Menu yang disediakan disini sih lebih ke western dan lumayan banyak menu dessert baru disini. Harga juga terbilag ya cukup terjangkau lah.


JEEVA JOGJA
Karena di Cafe Brick tadi aku makan berat, nah aku pikir di Jeeva ini aku akan nge-dessert santai. Ini salah satu cafe yang direkomendasiin dari temen ku yang asli jogja, katanya kalau liat feed ig kamu, kamu harus banget kesini, karena selucu itu dan kamu banget gitu, terharu ga tuh dibilang gitu ? hahaha.
Lokasinya juga engga jauh dar Artotel, cuma agak berlawanan sama lokasinya Cafe Brick, jadi ya aku lumayan bolak balik ajasih, but its ok ! terbayarkan semuanya disini ko.

Tuhkannnnnnn lovely banget gak sih tempatnya ? pastel vibes here, tempat dan suasananya di dukung banget sama menu dan peralatan dari mulai piring dan gelasnya yang memang match banget sama tempatnya, ahhhh ini yang bikin aku susah move on nih !
Salah satu menu yang harus kalian coba, Thai Tea Cake, segemes itu dan seenak itu pokoknya ! ini pas aku ngetik ini, kebayang dan pengen lagi dong :')
 Lava cake nya juga jangan lupa, aduhhh pokoknya dessert disini recommend deh ah !
menu lainnya juga ada tuh, spagethi hijau, warnanya gemes banget ! engga ngerti lagi sih ini sungguh nikmat pastelicious mana lagi yang kau dustakan di Jeeva ini !
Day 3
Kalau mau di bikin acara kayanya judulnya bakalan jadi 'Gosong Sehari Bersama Rima' memutuskan untuk main jauh hari ini, agenda di hari ketiga ini lumayan padat, karena kita akan ke beberapa tempat dalam 1 hari ini, dan harus pada moment yang pas, karena kalau engga ini nanti bisa kurang bagus hasilnya di foto, bisa kurang aesthetic (idiwwwwwww ngilu ga tuh ? hahaha) oke, jadi akan kemana aja kah kita di hari ketiga ini .... ?

SITUS WARUNGBOTO
Pasti udah engga asing lagi kan sama tempat ini, salah satu yang lagi hits juga nih, selain kembarannya yaitu Taman Sari, aku pikir sih ya kurang lebih hampir sama, mungkin di taman sari lebih ada kolam besarnya gitu kali ya, tapi disini engga.

Untuk masuk ke Situs Warungboto ini engga dikenakan biaya sama sekali, paling kalau kalian bawa kendaraan, kalian akan membayar uang parkirnya aja. Masuk kesini pun kalian melewati rumah-rumah warga terlebih dahulu, walaupun ini ada di pinggir jalan letaknya, tapi untuk masuk ya kalian akan lewat gang kecil gitu.
Inilah yang aku cinta, punya waktu libur di weekday. Dimana semua orang giat mencari uang, aku giat main, jadi tempat mainnya kan sepi, hahaha. Yaaaa walaupun di sisi lain kebalikannya juga, orang libur aku kerja, tapi its ok ! yang penting kebutuhan foto lucu kali ini terpenuhi, xixixix.
Di hari biasa memang engga seramai weekend, bahkan se-sepi ini, paling 1 atau 2 orang datang sebentar dan pergi deh, jujur aja ini cahaya mendukung banget pula, kita sampai kisaran jam 11.00 disini, which is matahari beneran lagi mentereng banget, hmmm kemari Jogja memang lagi panas banget gitu sih.

PANTAI NGULURAN, TERAS KACA
Next, kita memutuskan untuk ke tempat yang jauh dulu, kurang lebih memakan waktu 2 jam untuk sampai kesini dari situs warungboto. Konon katanya ini juga lagi hits, dan separah itu kalau weekend ngantrinya, and ya like i was said, luck me this is weekday, hahaha ... dan yaaa ngeplong sepi banget ! yahuwwww~

Untuk masuk wisata ini kita di kenakan biaya masuk Rp.5000,-/ orang dan selanjutnya untuk foto di spot teras kaca ini di kenakan Rp.20.000,-/orang untuk mendapat nomor antrian (ya karena memang di weekend ngantri banget, jadi untuk mempermudah dan lebih tertib, dibuat lah nomor antrian ini)
Awalnya sih aku pikir ini akan luas dan cantik banget, ternyata ini engga jauh kaya semaca wisata selfie ajasih, dia ada spot-spot kecil yang memang untuk foto, selain di yang teras kaca ini, ada lagi yang becak, atau ada lagi yang semacam tempat duduk di tengah pantai gitu, ya pokoknya sih yang view nya mengarah kepantai.
Agak pricey sih memang kalau bua ku untuk foto selama kurang lebih 5 menit, dikenakan biaya Rp.20.000,- ya tapi wajar lah ya, namanya juga tempat yang sedang naik daun, Iya, disini kalian hanya punya waktu 5 menit aja untuk befoto dan menikmati pemandangan dari teras kaca ini, karena ada antrian lainnya di belakang yang menunggu. Dan untuk alas kaki, juga kalian harus ganti dengan yang di sediakan disana, atau ya kalau kalian mau tanpa alas kaki.

GUMUK PASIR PARANGKUSUMO
Engga lengkap rasanya ke Jogja tapi engga ke Gumuk Pasir ini, jujur aja pas tau ada gumuk pasir ini aku ngebet banget yang namanya ke jogja, karena ini tempat yang kayanya tuh drama banget dan bakalan bisa punya banyak cerita kalau difoto, asik !

Buat orang romantis kaya capricorn semacam aku ini pantai dan daratan luas yang kaya gini nih yang bikin ngiler banget buat di jamah (asli bahasa lu berat banget rim). Pokoknya aku jatuh cinta walaupun aku belum berjumpa, kalo kata lagu mah "i knew i love you before i meet you~" .

Dan walaupun sejujurnya disini panas banget, dan sering kelilipan mulu tetep aja aku engga mau sebentar disini, karena aduh suasananya dipandang mata tuh gimana gitu, ini nih foto ayunan ini kalau dibikin buat background quotes mah udah ciamik banget dah ! (lha gitu, hahaha).


Buat pecinta minimlism mah, disini dapet banget buat foto, ah pokoknya aku secinta itu deh kesini. walaupun di akhirnya ada drama sendal aku yang hilang sebelah disini, tapi gapapa, namanya udah kepalang cinta mah, cinta terus dah !

Terima kasih untuk pemandangan mu yang maha menggemaskan dan ayunan yang aku dapatkan walaupun sebelumnya maha antri dengan ibu-ibu yang gendong anak :').

TAMAN BUNGA MANGUNAN
Di detik-detik tenggelamnya matahari, kita masih ngejar 1 spot lagi .. yaitu Taman bunga matahari, karena bunga matahari di jakarta engga seindah bunga matahari di Jogja, terlebih lagi Bunga matahari di Jakarta engga semurah di Jogja, itusi alasan terbesarnya ehehehe.

Iya inimah beneran, waktu cari tempat bunga matahari yang lagi hits, aku memutuskan untuk beralih ketempat lain, karna harga masuknya yang pricey banget, padahal cuma taman, kan sedih ya. Untung selang beberapa harinya aku emang mau ke Jogja, jadi ya terbayarkan lah disini mehehehe.
Masuk ke taman bunga ini cuma bayar Rp.5000,- aja kalian udah bisa explore sepuasnya dan selama yang kalian mau !
Sayangya, udah excited banget eh batere kamera malah habis, pfft ! jahat emang tuh kamera, tapi tak ada kamera, hape pun jadi, ya inilah hasil foto disana dengan sedikit sentuhan tangan bidadari dalam mengedit, yaaaaa not bad lah~ yakan ?
Hari ketiga ini, ditutup dengan makan lagi di angkringan yang kemarin, lalu pindahan ke penginapan baru,

Day 4
YOGYAKARTA BnB
Seperti yang aku bilang, semalam itu aku pindahan di salah satu Bnb yang ada di Jogja dan engga jauh dari Artotel, bahkan ini terbilang dekat sama malioboro, namanya YogyakartaBnB.

Menemukan tempat gemas ini dari aplikasi Agoda, tergiur karena tempatnya lucu dan harganya mendukung banget buat disinggahi. Untuk menginap disini per-malam di kenakan biaya hanya Rp.90.000,- sudah include Breakfast, itu merupakan Dormitory room atau yang kamar nya sharing gitu. Aku pikir toh aku akna sebentar disini, dan dengan harga segini masuk banget lah di kantong aku, sesekali menjadi rakyat kan engga masalah (waduuuuuwww shombong).
Kurang lebi seperti ini tempatnya, nuansa vintage dan colorfulnya dapet banget, banyak quotes gemas dan buat ku ini tempatnya cukup rapi juga bersih.
Jadi awal aku datang kesini memang sudah malam, dan disini untuk penjaganya hanya sampai jam 17.00 saja, nah aku ternyata kemalama sampai disini, kisaran pukul 20.00 aku baru sampai di penginapan ini, kebetulan sebelumnya memang aku sudah di telfon akan diberikan kunci tapi kuncinya akan di taruh di salah satu mail box di depan penginapan ini, untuk kode nya nanti bisa di pecahkan dengan tutorial yang akan di berikan mas-mas penjaga melalui pesan di hape. Gemes banget ga ? wkwkwkw aku merasa tertantang sekali gitu, ngahahaha betapa kocaknya !

Oiya disini engga Dormitory room aja ko, ada juga yang private room nya itu lebih besar dan yang pasti sih beda harga juga.
Tuh liat tuh, nama aku terpampang nyata dan besar di depan pintu, sebagai sambutan selamat datang kali ya (padahal mah biar jelas aja, kalau itu kamar aku, susah jomblo kepedean mah emang gitu).
Nah ini nih kamar aku, dan kunci yang aku dapatkan setelah aku memecahkan teka-teki tiu, wkwkw. Dikamar dormitory room ini bisa ber-isikan 10 orang kurang lebih, dengan fasilitas AC dan Kipas angin, jadi engga usah takut pengap walaupun orangnya banyak.

Dan pas aku disini pun cua ber-isikan 5 orang aja, oiya disini kamarnya gabung ya cewe-cowo. Untuk lemari akan ada dibawah tepat tidur kalian atau disamping kalian, tenang aja disini juga disediakan kunci lemarinya ko, jadi ya selama aku disana aman-aman aja, apalagi yang banyak menginap disana bule-bule gemas hahahay, dan ramah semua ! uwwwwww thanks god !
Ini untuk ruang tengah dan ruang makan yang tepat berada disebelahnya. Kalau ke kanan kita akan mengarah ke kamar mandi dan taman belakang.
Ini untuk dapurnya, kita bebas ko untuk menggunakan dapur ini kapan saja, asal kalian bersihkan dan bereskan lagi ya, self service gengs !
Ini untuk kamar mandinya, nuasanya alam banget dibawahnya engga pakai keramik atau lantai, tapi pakai batu-batuan kali gitu, super gemas ! tapi ada juga ko yang lantai, disini memang ada beberapa kamar mandi, jadi ya engg terlalu antri lah kalaupun banyak yang menginap ehehe.

And tadaaaaa ini breakfast nya ! Jam breakfast disini ya kisaran pukul 07.00 -10.00 lumayan kan buat ganjal peut pagi-pagi daripada harus keluar cari sarapan.
 Nah ini juga ada kamar dan balkon diatas untuk santai, pokoknya yang aku suka disini warna-warni dan nuasanya asik banget dan tenang dari keramaian kota, terlebih spot untuk santainya juga banyak.
Ini juga yang aku bilang tadi, ada taman belakang yang berada engga jauh dai kamar dan toilet, dan bisa juga untuk jemur pakaian kalian hihihi.

TEMPO GELATO
Keluar main di jogja kali ini di sponsori rasa penasaran sama Tempo Gelato yang termahsyur di Jogja, yang katanya emang harus kudu wajib mampir, nah ini memang ada beberapa outlet di Jogja, tapi untuk rasa dan nuansa tempat sama aja ko !
Gelato sebesar ini denga dua rasa cuma bayar Rp.25.000,- aja, yampun cry sih murah banget, seriusan gengs ini tuh gede gitu loh dan banyak, aku makan satu aja kenyang gitu, dan ntuk rasanya sih emang gausah di ragukan lagi, enak semua !



RM DEMANGAN
Puas sama gelatonya, memutuskan untuk makan siang di Cafe lucu yaitu di RM Demangan.
Nuansa peach nya sudah tercium dari kejauhan, aku gabisa tahan sama yang kaya gini nih, ya bawaanya mau foto-foto aja, dan niat awal buat makan siang disini jadi agak skip dan malah engga habis gitu makanannya gara-gara udah khusyu sama foto, mhehehe.

 Yekan jadinya foto-foto mhehehehe




T U J U A N
Selama belom sore-sore banget mah sikat terusssss ! tempat selanjutnya ke cafe yang terbilang masih baruuuuuuu banget netes deh ah, iya ini tuh baru banget gitu, nah disini buat ngemil-ngemil lucu di sore hari tuh pas banget.
Jangan pernah meragukan cahaya Ilahi di Sore hari, sungguh nikmat mana lagi yang kau dustakan ebgaus bat ya ini buat foto disini, sangat mendukung ! menajadikan sebuah foto menjadi materpissss ! ahelah rima ngomong apasih, ampundah !

Disini punya warna warna berani yang kental, mulai dari orange, merah dan hijau tapi entah mengapa epic sekali perpaduannya !

 But first, dessert gengs ! 


Pindahan part 2 , kali ini aku memang akan pindah penginapan lagi bukan karena kurang apa tapi memang pengen explore di waktu yang singkat ini, jadi 1 hari 1 tempat hahaha, banyak gaya ya ? gapapa lah, mumpun di Jogja mah bebas.

ABRAKADABRAArtBnB
Kenapa milih disini ? banyak banget alasan kenapa aku milih disini, dan kenapa aku menjadikannya ini di tempat kedua aku. Disini asik banget, masih dekat dengan kota, dan tempat main asik di Jogja tapi tetap punya ketenangan tersediri di dalamnya, yaaaa bisa di bilang strategis juga untuk tempatnya.

Aku jadiin ini tempat menginap kedua adalah karena aku akan mengahbiskan banyak waktu buat santai-santai siang hari disini, jadi aku harus punya view yang bikin aku betah lama-lama di penginapan, dan Abrakadabra punya itu gengs.
Welvome to Abrakadabra, konsep penginapan ini lebih terlihat MESSY dan HIPPIE STYLE abis !.

Begitu masuk dan melewati beberapa kamar dan ruang tengah, di ujung penginapan ini kalian akan menemukan view yang gemes banget, sekaligus tempat santai yang cozy abis, yuhuuuu chill beb !
Dan ini pintu kamar aku, disini juga aku mengambil kamar yang sama dengan sebelumnya, yaitu Dormitory Room, bedanya disini kalian bisa dapat yang memang khusus cewe, nah liat ajatuh nuansa pink nya memenuhi ruangan ini, tebak tempat tidur aku yang mana ? hahaha.

Oiya disini Dormitory room harganya cuma Rp.70.000,- aja include dengan breakfast juga, yalord semurah itu gak sih ? aku rasanya pengen lama-lama gitu tinggal disini kalau begini ceritanya mah.

Tempat aku ada di pojok kiri paling atas, sengaja biar engga terlalu silau dan terlihat kearah luar gitu hehehe. Ini penampakannya, cukup simple, di dekat bagian bawah yang arah kaki, ada space yang engga terlalu besar bisa untuk tepat barang-barang kalian. Tapi untuk lebih aman dan luas lagi, kalian juga diberi lemari ko, tapi lemari kecil ini adanya di luar kamar, terpisah dari tempat tidur kalian.
Nah ini yang kotak-kotak itu adalah lemari atau loker dari si Dormitory Roo, lengkap disediakan kuncinya juga ko, jadi akan aman-aman aja barang kalian. 
Good morning ! Breakfast with the view ! Yuhuuuu, kalau disini menunya adalah sate dan lontongnya, mhihihi pas lah buat sarapan.
Untuk kamar mandi dan dapur adanya di sebelah kolam nya, dekat ruang bersantai juga, kalian bisa lihat disini mulai dari dinding mana pun rasanya engga ada yang skip tuh dari coret-coretan, lucu banget buat iseng dibaca, sebagiannya adalah tulisan mereka atau testimonial mereka yang merasa senang untuk menginap disini, dan mungkin akan kembali lagi kesini, yaaaa sisanya sih tulisa curhat-curhat lucu juga.

Semua tempat nya terbilang bersih dan rapi, walaupun hiasan dan coretan di dinding terlihat agak gimana gitu, tapi itulah memang konsepnya, cukup nyaman sih disini menurut aku.

Terlebih buat leyeh-leyeh seharian, pas banget sih ini, gemericik airnya bikin suasana tenang dan adem banget rasanya. Nah inilah yang au bilang, mereka punya tempat yang bisa buat aku betah seharian buat leyeh-leyeh buat nunggu pesawat dan persiapan pulang ke Jakarta.

RUMAH NATA
Sebelum pulang, alangkah baiknya mampir dulu untuk nge-dessert ditempat lucu ini , namanya Rumah Nata, habis dari pasar Beringharjo aku lanjut deh kesini. Butuh yang seger-seger habis cape belanja (cailah gaya, hahaha).
Disini tempat yang menyediakan Yogurt dengan banyak varian rasa dan varian toping yang kalian bisa pilih. Udah gitu lucunya si toping ini cukup kearifan lokal banget, liat ajatuh ada jenang, klepon dan mochi yang emang cukup indonesia banget deh.


Untuk porsi kecil yogurt ini harganya Rp.15.000,- dan itu belum termasuk harga toping ya, soalnya beda-beda juga sih harga dari masing-masing topingnya.
Udah deh, setelah makan aku langsung cuss Bandara, karena udah disuruh pulang sama mama.. katanya udah sore, bentar lagi magrib, jadi disuruh mandi ! (berasa maen di kampung sebelah kali ah).
Terima kasih Jogja, udah bikin lupa hiruk pikuk, kerjaan dan deadline di Jakarta. Makasih tempat bagus dan makanan enaknya, nanti aku main lagi ya, sekarang aku pulang dulu, nanti dan semoga saat aku kembali lagi kesini, aku bisa bawa teman, Teman Hidup (Ciyaaaaatttttt !!).

See ya Jogja !
and thank you for reading gais !

No comments:

Post a Comment