Wednesday, April 25, 2018

How To Be A Smart Shopper With Tinkerlust

"Work Hard, So You Can Shop Harder" Nampaknya semboyan ini kenapa para waita bisa jadi hard worker sejati, karena buah dari suatu usaha pasti manis, hihihi iya gak ? who's agree with me ?!. Im also fan of this quotes. Memang sih kadang namanya kalau khilaf diskon susah untuk ngerem nya, dan bahkan mungkin beberapa dari kalian rela-rela ngorbanin uang tabungan demi barang yang emang kalian inginkan. Sama aku pun suka seperti itu, suka menganggap semuanya enteng, padahal itu tabungan kan, yang literally emang engga boleh di usik.
Tapi beruntungnya aku, beberapa hari lalu tepatnya 17 April 2018 Aku sempat ikut acara Power Lunch with Tinkerlust berlokasi di The Hermitage Hotel, yang bertemakan "Smart Spender" di acara ini banyak mengulas tentang bagaimana kita membelanjakan uang secara bijak, mendapat barang branded dengan kualitas baik, harga terjangkau dan tetap memiliki tabungan yang tidak terusik.

Dibuka dengan sambutan hangat oleh COO Tinkerlust Aliya Amitra dan CEO Tinkerlust Samira Shihab yang menjelaskan tentang apa itu Tinkerlust dan bagaimana sistem jual-beli di tinkerlust.

Apa itu Tinkerlust ?
Jadi Tinkerlust merupakan situs jual-beli barang preloved yang menyediakan barang-barang preloved branded & luxury.

Apa saja yang bisa di jual-beli di tinkerlust ?
Banyak banget, Mulai dari tas, baju, makeup dan sebagainya. Mulai dari yang Luxury, Branded sampai yang No brand, asal kualitas bagus juga kemungkinan bisa dijual disana.

Bagaimana transaksi Jual-beli nya ?
Untuk transaksi jual belinya dilakukan secara online melalui situsnya di TINKERLUST

Bagaimana cara bergabungnya sebagai penjual ataupun pembeli ?
Sebagai Pembeli : Kalian bisa tinggal lakukan register aja di situsnya, dan lanjutkan untuk berbelanja.
Sebagai Penjual  : Kalian juga lakukan register dahulu dan kalian bisa klik yang START SELLING.
selanjutnya yang kalian lakukan adalah membaca petunjuknya, yaitu kalian akan diminta untuk menyiapkan barang kalian yang akan dijual sesuai ketentuan yang sudah diberikan, lalu daftarkan dirimu pada form registrasi seller dan pilih jadwal untuk pick-up, nah kalian tinggal menunggu tim tinkerlust datang untuk menjemput barang-barang kalian sekaligus melakukan foto dari barang yang kalian kirimkan. Selanjutnya tim tinkerlust akan menilai dan mengkurasi barang kalian, setelah itu meminta persetujuan dengan harga yang ditawarkan yang dikirim by email, dan yaaaa kalian tinggal duduk manis deh tunggu pelanggan kalian. Begitu kurang lebih mengenai sistem dari tinkerlust ini.
Selanjutnya di acara ini juga kita kedatangan salah satu seller di tinkerlust ada ka Shinta Rosvita yang sudah cukup lama bekerjasama dan melakukan jual-beli dengan menggunakan jasa dari tinkerlust ini,bahkan ka shinta mengaku, dia senang banget bisa melakukan transaksi barang-barang preloved melalui tinkerlust, karena ia tahu barang yang telah di sortir dan dijual di tinkerlust hasilnya masih bagus dan tidak mengecewakan, begitu juga pelayanan di tinkerlustnya sendiri.  

Setelah berbincang mengenai tinkerlust sendiri, dilanjut dengan kedatangan ka Prita Hapsari Ghozie sebagai Financial Controller yang mana membicarakan tentang how to be a smart shopper, ini beneran topik yang menarik banget, karena aku pribadi suka khilaf dalam mengkontrol pembelanjaan uang aku, aku merasa ya memang belum me-manage nya dengan baik, jadi apa yang disampaikan ka Prita ini beneran masukan banget nih buat aku. Ka Prita bilang, yang harus kita lakukan kalau kalian gila belanja dan barang pun otomatis akan cepat banyak yang tak terpakai juga, bahkan kata ka prita, barang yang ada dilemari kita sebenarnya yang terpakai mungkin hanya tidak lebih dari 50% , so ya sisanya lebih dari 50% nya tidak terpakai. Lalu apa yang bisa kita lakukan dengan barang-barang yang terpakai agar dapat bermanfaat kembali.
  • Alangkah smart nya kita dapat memilah milih lagi yang mana yang benar-benar kita gunakan, dn sisanya yang masih dalam keadaan good condition menjualnya lagi di situ-situs seperti tinkerlust ini, yang memang menangani tentang hal ini. Yang mana pemasukannya bisa kalian putar lagi untuk pembelian barang selanjutnya.
  • Punya Rekening Belanja Terpisah, Which is kalian memnag harus memisahkan rekening belanja dan rekening tabungan, simple thing taapi efeknya besar, karena kalau digabung yang ada kalian malah khilaf. Yang mana juga disini dimaksudkan untuk tau seberapa besar budget yang kalian punya untuk berbelanja, sehingga tidak boros. 
  • Jika kalian pasangan yang telah menikah, alangkah baiknya kaliaan memisahkan juga tabungan dan rekening belanja masing-masing, sehingga pasangan kalian juga tidak merasa keberatan kalau kalian berbelanja, kan memang ini rekening belanja yang uanganya kalian putar dengan barang-barang yang kaliaan jual.
Kurang lebihnya itu yang disampaikan oleh ka Prita, beliau sungguh meninspirasi dan mengetuk hati aku, bahwa aku harus beneran bisa me-manage keuangan untuk belanja aku, dan berhenti menjadi seseorang yang merugi hehehee, yekan ?.
So ya, ini cerita aku tentang keseruan event kemarin, selanjutnya ini cerita kesekian kalinya aku berbelanja di tinkerlust, jadi aku memang sudah sempat berbelanja di tinkerlust ini, makannya aku ya memang puas dengan pelayanannya, barang yang aku dapat pun, masih dalam yang benar-benera tertera seperti di web nyaa, still in good condition, even that was preloved then i got affordable price, so happy !

Untuk cara berbelanja kalian mudah banget, tinggal log in - pilih barang yang kalian inginkan, denga mudahnya kalian cepat mendapatkan barang yang kalian maksud karena memang dibuat perkategori - lanjut dengan memasukan barang belanjaan kalian dalam keranjang kalian - lanjutkan dengan menu ke pembayaran, disini kalian bisa pilih cara pembayarannya - selanjutnya pemilihan untuk pengiriman barang - lanjut dengan melakukan pembayaran - lakukan konfirmasi pembayaran dan tunggu deh barang kalian datang.





To be honest, yang gapernah bikin aku kecewa adalah ini kualitas penyortiran barang dan kualitas baraang itu sendiri yang bener-bener in good condition, maybe i already said that, but ya emang beneran memuaskan banget, engga kaya barang preloved gitu, selanjutnya dari pengiriman, aku pikir karena aku pilih reguler aku akan dapat paket ini kisaran 2-3 hari, and guess what?! malam aku pesan, dan besok malamnya di udah sampai, dalam kurun waktu gak sampe 24 jam, oemji parah sih bener-bener kilat. Dan seperti yang kalian lihat packagingnya cukup aman dan barang sampai dengan baik !

Soooo, thats all ! would you try these tips to be a smart shooper ? hehehe.
Thank you so much Tinkerlust, and thank you so much for reading gais, see ya on my next blog posting ! Alapiyuh ! 

No comments:

Post a Comment