Monday, November 14, 2016

I Support #WomenRideSafe

"Rim, nanti kalo ada yang nyari gue, bilang gue pergi ya .."
"Nda, emang mau pergi kemana ?" 
"Engg .... mau kesana deh jauh pokoknya, pake helm, pake jaket kulit, bawa STNK juga"

Yaaaaa itu tadi contoh meme yang agak sering beredar waktu cewe lagi bete dan lagi pengen sendiri, biasanya terjadi kalo lagi agak berselisih sama cowonya sih, kadang temen lainnya juga gabisa contact doi, yaaaa namanya wanita~ pahamlah ya. Oke, tapi kali ini aku lagi engga akan bahas kegalauan wanita dulu sih hihihi, tapi aku ambil contoh dari wacana diatas, coba perhatikan (gilsss berasa serius banget ini nyuruhnya). Iya, coba perhatikan ... disana ada kata-kata yang sudah amat sering kita denger kan, waktu si Nda ini bilang ... "mau kesana deh jauh pokoknya pake helm, pake jaket kulit, bawa STNK juga". Hmm... gais you know what i mean ? seakan-akan dibenak kita semua sudah terpatri bahwasanya kalau mau pergi jauh ya baru deh kita menggunakan perkakas keamanan seperti helm, jaket dan surat-surat kendaraan.Padahal gais ....


Kalian bisa baca sendiri, hasil survey membuktikan peristiwa kecelakaan di mulai dengan prilaku buruk si pengendara itu sendiri yang engga displin akan keamanan dirinya sendiri dan keamanan dalam berkendara yang bahkan dapat merugikan orang lain juga. Dan yang menjadi garis besar dari pembahasan aku kali ini adalah, mereka para kaum kita, kaum hawa, kaum perempuan yang banyak menjadi korbannya, gimana aku engga miris dengernya ... makannya sekarang ini banyak beredar kan tuh kasus, para kaum ibu-ibu yang belok se-enaknya, lampu sen ke kanan, tapi beloknya ke kiri dan begitu sebaliknya, ambil jalur tengah tapi pelan, mungkin sebenarnya mereka ingin berhati-hati tapi sayangnya pada jalur yang kurang tepat, atau ada pula yang saat menyebrang sebenarnya sudah diberikan kesempatan untuk lewat, tapi mereka malah ragu dan malah mengakibatkan keraguan si pengendara lain, yang tak jarang berkahir dengan celaka. Nah sebenarnya itu di akibatkan karena perempuan yang kurang rasa percaya diri dan penuh keragu-raguan.




Hal tersebut tadi juga banyak menyumbang terjadinya kecelakaan pada perempuan, bahkan survey akan perbandingan kecelakaan antara pengendara wanita dan pria terlihat perbedaan yang fantastis yaitu dengan skala 5 : 2 angka yang cukup miris kan gais ?.


Dan kalian bakal lebih terenyuh dengan hal ini, fakta dibawah ini emang bener banget, aku sendiri, mama aku, mama teman aku, temennya mama aku, mamanya mantan aku (halaah, masih aja), iya mereka para mama-mama yang ada di sekeliling aku dan bahkan di sekeliling kalian adalah para perempuan yang multitalent, mereka mengurus rumah tangga juga, sekaligus membantu perekenomian rumah tangga, mereka berkendara menuju kantor atau tempat mereka bekerja, tanpa sadar ancaman apa saja saat mereka berkendara, semuanya engga jadi masalah bahkan engga mereka hiraukan, karena semata-mata apa yang ia cari untuk membahagiakan keluarga kecilnya


Dan tak sedikit pula mereka kaum wanita selalu menjadi kaum yang dianggap lemah dan menjadi incaran para pelaku kejahatan. Kurang besar apa ancaman kita sebagai kaum wanita ? Kalo dari hal kecil, seperti dengan menggunakan helm aja kalian malas, bagaimana kalian dapat memperhatikan juga pakaian atau atribut yang kalian gunakan saat berkendara ? karena itu berefek sangat penting terhadap celah atau kesempatan para si pelaku kejahatan itu.



Dan data-data diatas dipertegas dan bersumber dari survey Queenrides yang melibatkan 800an perempuan usia 24-40 tahun menunjukkan, 80 % dari perempuan yang berkendara mencari nafkah untuk keluarganya.Meskipun ditangani oleh sejumlah kementrian dan kepolisian, kondisi krisis road safety tersebut luput ditangkap publik secara luas sebagai isu yang krusial. Industri otomotif dan transportasi yang sangat maskulin, luput melihat bahwa diperlukan penanganan khusus terkait perempuan, sehingga belum ada pihak dan institusi yang menyentuh isu safety riding dengan serius maupun mengomunikasikan dengan cara efektif kepeda perempuan.

#womenridesafe adalah sebuah movement yang di inisiasi oleh Queenrides (www.queenrides.com) start up social enterprise berbasis teknologi, yang berbentuk platform offline untuk perempuan pertama di Dunia yang dibangun dengan tujuan memberdayakan perempuan agar sadar pentingnya berkendara aman. Di januari 2016 hingga hari ini (awal november), dengan pengelolaan bisnis yang professional dan tanpa donasi, Queenrides sudah memiliki lebih dari 200 ribu komunitas online-offline yang tersebar di seluruh indonesia. Queenrides juga sudah mengadakan 15 kali aktifitas offline yang mengedukasi sekitar 1000 perempuan. Dari yang semua hanya lingkup kecil, Queenrides terus bergerak menjangkau lebih banyak perepuan dengan mengadakan edukasi Office to office bahan mal to mal.

Sebagai seorang yang berprofesi juga sebagai Bidan, seseorang yang pasti berhubungan langsung dengan kaum wanita dan permasalahnnya A to Z, jujur awal tahu hasil survey ini aku syok banget, sebesar ini loh ternyata ancaman wanita terhadap kecelakaan, sebegitu kecilnya pengetahuan aku tentang ancaman yang menghantui wanita.

Dalam kasus kebidanan hal yang kita usahakan adalah menurunkan Angka Kematian Ibu akibat kasus perdarahan atau kasus kasus kehamilan lainnya. Dan setelah tahu survey ini, ternyata PR aku bukan hanya itu, karna dalam kasus kecelakaan, kaum wanita lah yang terbanyak sebagai korban dibanding kaum pria. Aku amat sangat merasa harus ambil andil bagian dari movement ini, dan bener aja setelah aku gabung, makin banyak pengetahuan yang aku dapat dan info penting berkendara yang dapat aku sebarkan ke keluarga, teman dan orang lain.
Tapi kayanya engga lucu deh kalo hanya aku aja yang gabung movement ini, aku mau ajak kalian semua para wanita untuk gabung dan ambil bagian dari movement ini. Ayo lebih care dengan keselamatan berkendara wanita di sekeliling kalian, jangan tunggu korban lagi baru kalian gerak.

Ayo ubah pola pikir kalian agar lebih peduli dengan keselamatan diri kalian dalam berkendara, jangan remehkan atribut untuk keselamatan kalian. Ambil langkah untuk membantu menurunkan angka kecelakaan di Indonesia. Ayo ambil bagian dari movement ini, caranyan gampaaaaaang banget, lebih gampang dari move on dari mantan kalian pokoknya deh, kalian bisa langsung klik Disini

For More information :
Website : www.queenrides.com
Instagram: @queen_rides
Twitter: @queenrides


Gaissss, thank you so much for reading , hope you can enjoy it and be a part of us, don't forget to safety riding gais. Lafffffyuuuuuu muwahhhh 

No comments:

Post a Comment